Skip to main content

BACA SEBLUM MENDAKI!!! PENDAKIAN GUNUNG GUNTUR VIA CIKAHURIPAN KABUPATEN GARUT - WISATA DI INDONESIA

ALUR PENDAKIAN GUNUNG GUNTUR VIA CIKAHURIPAN

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh

Alhamdulillah setelah sekian lama dan setelah menempuh banyak masalah, akhirnya saya bisa menuangkan karya saya lagi di blog ini.

Mungkin ada hal yang berbeda di postingan kali ini, yaitu saya mencoba menggati judul dengan kalimat yang lebih menarik, dengan tujuan agar teman-teman semua lebih tertarik untuk membacanya dan agar tidak membosankan.

Ok, 5 hari yang lalu, tepatnya hari Sabtu tanggal 21 September 2019 saya bersama 1 rekan saya melakukan suatu perjalanan pendakian, kami berdua mendaki salah satu gunung di Kabupaten Garut, yaitu Gunung Guntur. Mungkin sudah banyak teman-teman disini yang sudah menaklukan gunung ini. Saya hanya akan mengulasnya dan sedikit memberikan informasi berdasarkan perjalanan yang sudah saya lakukan.

Baik, langsung saja kita mulai ulasan kali ini.

LOKASI
Menurut saya, lokasi merupakan informasi yang sangat penting yang harus diketahui seseorang sebelum menuju tempat tersebut agar tidak tersesat dijalan dan memudahkan kita dalam memlih rute terdekat.

Sebelumnya saya berangkat dari Kecamatan Jatinangor yang ada didaerah Kab. Sumedang sekitar pukul 5.29 pagi dan sarapan terlebih dahulu di daerah Kedungora pada pukul 6.17. Setelah itu saya melanjutkan perjalanan lagi ke Gunung Guntur.

PENTING!!! AGAR TIDAK SALAH DAN TERSESAT. AKSES KE GUNUNG GUNTUR SANGAT MINIM PETUNJUK.
JALUR PENDAKIAN GUNUNG GUNTUR ADA 2, VIA CIKAHURIPAN DAN VIA CITIIS.

VIA CIKAHURIPAN
Jika kalian yang ingin mendaki Gunung Guntur dan menggunakan Google Maps, jangan gunakan fitur search di Google Maps untuk mencari tahu jalannya, karena yang Google Maps arahkan adalah jalan menuju puncak dan secara otomatis Google Maps memilih jalan tercepat. Berdasarkan pengalaman saya kemarin, ketika saya menggunakan Google Maps, saya diarahkan menuju Gunung Guntur melalui jalan yang ada di sekitar Arboretum Desa Sukakarya, sebenarnya bisa melewati jalan tersebut, namun masih illegal dan resikonya sangat besar. Jika kalian berangkat dari arah kota Kabupaten Garut maka  cukup sampai di PUSKESMAS DESA SUKAKARYA dan didepan puskesmas ada Alfamart dan jalan ke arah kanan, ambil arah jalan ke kanan tersebut dan setelah ada perempatan besar belok ke kanan dan ikuti terus sampai ada sebuah desa yang menyediakan fasilitas parkir. Kita bisa parkir ditempat tersebut dengan harga sangat terjangkau yaitu sebesar RP 10000 rupiah.

Untuk memudahkan teman-teman semua, saya sediakan lokasi berdasarkan Google Maps yang benar dibawah ini:
Sebenarnya Cikahuripan sendiri memiliki 2 jalur naik. Pertama, lewat Desa Sukakarya dan kedua saya kurang tahu. Kelebihan jalur kedua mungkin bisa mengendarai motor sampai basecamp Cikahuripan

Disisi lain, untuk menuju basecamp Cikahuripan lewat Desa Sukakarya harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 1-1.5 jam untuk sampai di basecamp Cikahuripan karena harus mengelilingi beberapa bukit yang ada di sekitarnya. Jalanan dari tempat parkir sampai ke basecamp Cikahuripan ada yang bebatuan dan ada yang pasir.

Setelah sampai basecamp kita akan diberi penjelasan oleh petugas ynag mengelola pendakian Gunung Guntur via CIkahuripan ini.

FASILITAS BASECAMP
1. Musala
Musala disediakan di basecamp Cikahuripan walaupun sangat minimal sekali. Namun, setidaknya kita tetap bisa menjalankan kewajiban ibadah

2. Toilet
Toilet yang disediakan sudah layak untuk digunakan, air bersih dan lancar

3. Warung Makan
Beberapa warung makan tersedia disini, rata-rata harga yang ditawarkan sangat murah, namun berdasarkan pengalaman saya, harga air minum disini cukup mahal, maka saya sarankan untuk membawa air minum dari rumah yang mencukupi agar tidak kekurangan dan banyak kehilangan uang untuk membeli air minum

ALUR PENDAKIAN

1. BASECAMP (POS KOORDINASI) – 1412 Mdpl
Sebelum kita mendaki Gunung Guntur, kita harus lapor terlebih dahulu kepada koordinator bahwa kita akan mendaki Gunung Guntur.

Letak basecamp ini sebenarnya sudah memiliki ketinggian lebih dari setengah ketinggian Gunung Guntur sendiri. Jadi tidak begitu tinggi jika dihitung dari basecamp.

Untuk biaya retribusinya hanya sebesar 15000 untuk satu orang dan harus memberikan jaminan berupa kartu identitas.

Kita juga akan diberi sebuah trashbag untuk menyimpan sampah kita dan harus kita bawa kembali ke basecamp saat turun nanti.

2. POS 1 PANYAWANGAN -  1721 Mdpl

Jarak dari basecamp ke Pos 1 sekitar 1052 meter dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 75 menit.
Jalanan dari basecamp ke Pos 1 memiliki kemiringan dari 20 derajat sampai 45 derajat dan bermedan tanah padat serta batu kerikil.

Di atas Pos 1 kita bisa beristirahat atau sholat atau bisa melakukan hal-hal lain sambil melihat pemadangan yang ada di Pos 1 ini.

3. POS 2 PANYILEUKAN – 1854 Mdpl
Jarak dari Pos 1 ke Pos 2 cukup dekat yatiu sekitar 350 meter dan bisa ditempuh sekitar 30 menit.
Jalanan dari Pos 1 ke Pos 2 memiliki kemiringan 10 derajat sampai 25 derajat dan bermedan tanah padat serta batu kerikil

4. POS 3 PANINEUNGAN – 2086 Mdpl
(Foto Puncak 3 dari Puncak 4)

Jarak dari Pos 2 ke Pos 3 sekitar 650 meter dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 60 menit.

Jalanan dari Pos 2 ke Pos 3  memiliki kemiringan 25 derajat sampai 45 derajat dengan medan tanah padat, hutan dan batu kerikil.

Setelah kita sampai di Pos 3, kita bisa memilih untuk melanjutkan ke Puncak 3 yang ada disebelah kanan Pos 3 atau melanjutkan ke Puncak 4 yang ada disebelah kiri Pos 3. Untuk camping sendiri hanya dibolehkan di Pos 3 atau Puncak 4. Namun, saat disana ada yang mungkin menurut saya melanggar aturan dengan mendirikan tenda di Puncak 3.

5. PUNCAK 3 (PARUPUYAN) – 2143 Mdpl
Letak puncak ini bersebelahan dengan Puncak 4.

6. PUNCAK 4 (MASIGIT) – 2193 Mdpl
Letak puncak ini bersebelahan dengan Puncak 3. Namun, dipuncak 4 kita bisa mendirikan tenda untuk bermalam atau beristirahat di Gunung Guntur. Puncak 4 ini merupakan jalan untuk menuju Puncak 5 yang sebenarnya tidak jauh dari Puncak 4.

7. PUNCAK 5 (KANCAH) – 2249 Mdpl
Setelah kita sampai di Puncak 4, kita bisa melanjutkan ke Puncak 5 yang sebenarnya satu tempat dan tidak begitu jauh, dengan berjalan sekitar 1 Km kita bisa sampai di Puncak 5.

TURUN LAGI….
Setelah sampai puncak kita bisa turun kembali dan bisa ditempuh lebih cepat daripada ketika naik, hanya butuh waktu sekitar 2.5 jam kita abisa sampai di basecamp lagi.

PENTING!!!
JANGAN TINGGALKAN SAMPAH SEPESERPUN JIKA TIDAK INGIN DISEBUT SEBAGAI SAMPAH NEGARA!!!!!!

Demikian sedikit ulasan dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua