Skip to main content

INDAHNYA PANTAI BUYUTAN --- REVIEW!!! PANTAI BUYUTAN PACITAN - WISATA DI INDONESIA

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

“Alhamdulillah” harus kita ucapkan, karena sampai saat ini masih diberi banyak kenikmatan. Setelah sekian lama saya tidak mengepos tulisan karena sibuk dengan perkuliahan saya, akhirnya saya bisa mengepos tulisan saya ini. Akademik masih menjadi prioritas saya, tentunya setelah ibadah ya???

Pada postingan kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang salah satu pantai di Kabupaten Pacitan juga, yaitu Pantai Buyutan. Mungkin di blog saya ini banyak sekali review tentang pantai, karena memang saya sangat sering main ke pantai dan jarang bermain ke gunung. Mungkin nanti kedepannya bisa membuka peluang bagi saya untuk bermain ke gunung.

Pantai Buyutan, pantai yang satu ini juga terletak di Pacitan, Jawa Timur. Ini juga merupakan salah satu pantai yang masih baru, karena seingat saya, saat saya mengunjungi Pantai Buyutan, baru saja pantai ini terexplore.

Oke, langsung saja kita simak apa saja yang ada di Pantai Buyutan ini???

A.      Lokasi
Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Atau letak tepatnya ada di Google Maps dibawah ini:


Pantai Buyutan juga masih dekat dengan Pantai Klayar dan Pantai Karang Bolong, bagi kalian yang belum baca bisa klik disini.


Saya akan meberikan sedikit petunjuk jalan. Jika kita dari arah Jawa Tengah maka ambil jalur menuju Wisata Goa Gong yang sudah ada di papan petunjuk yang sudah disiapkan oleh Dinas Perhubungan. Sebelum kalian sampai Pantai Klayar, ada jalan kecil ke kanan, ambilah jalan tersebut dan ikuti petunjuk yang ada sampai kalian tiba di Pantai Buyutan.

Jalanan menuju Pantai Buyutan, pertama kali saya kesana, sangat ekstrim, tanjakan yang sangat tajam, bebatuan  terjal dan tikungan tajam. Pada lain waktu saya kesana lagi, saya menemukan mobil yang tidak kuat untuk menaklukan tanjakan tajam ini.

Pesan saya kepada teman-teman semua untuk selalu berhati-hati, persiapkan dengan semaksimal mungkin dan yang terpenting adalah berdoa. Setelah melewati jalan tersebut, kita akan menemukan hal yang sangat menyejukan jiwa kita, yaitu persawahan yang hijau, tentunya saat musim tanam, ya?
Jadi setelah melewati rintangan, semua itu akan terbalas oleh pemandangan ini. Dan yang pasti, kita juga akan dibalas dengan indahnya Pantai Buyutan, simak terus sampai akhir !!!


B.      Tiket Masuk

Pantai Buyutan merupakan pantai yang baru (tentunya saat saya kesana) sehingga pada saat pertama kali berkunjung, tiket masuknya pun masih sukarela, kalau tidak salah saya membayar Rp. 10000 untuk 2 orang, dan pada kunjungan selanjutnya, kedua dan ketiga, Pantai Buyutan ini sudah diberikan harga Rp 2000 (anak-anak) dan Rp 3000 (dewasa) untuk hari biasa, sedangkan weekend dan libur nasional dengan harga Rp 3000 (anak-anak) dan Rp 5000 (dewasa).

Untuk parkir motor Rp 3000 dan mobil Rp 5000. Harga tersebut terbilang sangat murah jika dibandingkan ketika di mall atau wisata modern. Untuk parker, kita dikenakan biaya Rp 3000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Jadi, jika kita mau berkunjung kesini, hanya butuh modal sedikit sekali.

Masihkah mau lanjut? Oke, simak dibawah ini ya?

C.      Fasilitas
1.     Musala
Musala yang disediakan sangat bersih dan rapi. Sudah disediakan sarung dan mukena, bisa memuat sampai 10 orang. Bagi kita yang muslim jangan lupa untuk melakukan shalat wajib 5 waktu dimanapun kita berada.

2.     Tempat Parkir
Tempat parkir sangat luas, ada tempat parkir diatas dan juga yang dibawah. Jika kita tidak yakin untuk menuruni dan menaiki jalanan tajam di pantai ini, kita bisa parkir di atas.
Untuk di parkiran bawah, ada parkiran outdoor dan indoor, walupun indoornya hanya gubug biasa.

3.     Toilet
Untuk toilet, saya rasa sudah sangat bersih, dengan harga Rp 5000 kita bisa mandi dengan air bersih dan mengalir deras. Toilet yang disediakan juga banyak dan tidak hanya satu tempat saja. Jadi, kita tidak perlu mengantri lama hanya sekedar untuk mandi saja.

4.     Warung Makan
Warung makan juga sudah disediakan bagi kita yang ingin makan dengan harga terjangkau. Harga yang dipatok juga masih berada dikisaran 1000-10000.

Diatas sudah saya sebutkan bahwa warung juga bisa digunakan untuk menitipkan barang-barang kita agar lebih aman. Tapi kita juga harus membeli makanan dari warung yang kita tempati sebagai balasan dari penitipan.


D.      Wisata Pantai Buyutan


Pantai Buyutan merupakan pantai yang elegan dan menakjubkan, pantai ini memiliki garis pantai yang cukup panjang.
Sebelum sampai pantai, kita sudah disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menyejukkan, sawah yang hijau, laut lepas yang biru, dan samudra yang sangat luas.

Pantai ini berhubungan langsung dengan Samudra Hindia yang berada di selatan Pulau Jawa, sehingga pantai ini mempunyai gelombang ombak yang cukup besar.

Setelah kita melewati pos tiket, kita harus melewati jalan turunan zig-zag yang sangat tajam, karena Pantai Buyutan berada dibawah. Akan tetapi, sebelum kita turun ke pantai, saya sangat merekomendasikan untuk berfoto terlebih dahulu di atas, karena spot foto diatas ini benar-benar membuat takjub semua orang, dengan background laut, karang yang indah dan sedikit pepohonan seperti foto dibawah ini:



Menarik bukan?

Selanjutnya, saat kita menuruni jalanan zig-zag yang tajam, kita akan bertemu dengan saudara kita, siapakah dia? Saudara kita yang satu ini adalah kera, memang di Pantai Buyutan masih ada kera yang berkeliaran di alam. Ini salah satu uniknya Pantai Buyutan.


Ok, kita akan lanjutkan lagi ya?


Saat tiba di pantai, hal yang harus kita lakukan adalah mencari warung makan. Kenapa demikian?


Kita bisa menitipkan barang-barang kita di warung jika memang kita tidak memiliki teman yang menjaganya.

Memandang laut yang biru sembari minum kelapa muda yang hijau merupakan hal yang sangat mengesankan, hilangkan pikiran penat dari pekerjaan ataupun urusan lain.

Terakhir, bagi kita yang ingin berenang, menurut saya pantai ini masih aman untuk berenang. Akan tetapi, banyak karang liar yang pasti mengenai anggota tubuh kita saat terkena ombak dan bisa melukai kita. So, kita harus selalu waspada apapun bisa terjadi.


Demikian ulasan tentang Pantai Buyutan, dukung terus blog saya agar bisa berkembang dan bisa meberikan manfaat kepada semua orang. Bila ada salah dalam peulisan atau yang lainnya, saya sangat terbuka untuk menerima saran dan kritik dari teman-teman semua.

Bonus foto alay dari saya!



Wassalamu’alaikum warhamtullah wabarakaatuh

Terima kasih,

Salam Jelajah Negara,

Penulis,

Anonymous

Comments