Skip to main content

REVIEW!!! PANTAI PULAU PANJANG JEPARA - WISATA DI INDONESIA

 



Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh
Alhamdulillah di tengah ke-chaos-an perkuliahan, saya masih tetap bisa menulis.

Postingan-postingan saya sebelumnya banyak membahas tentang keadaan di selatan Pulau Jawa.
Namun, kali ini saya akan bergeser, mebongkar Pulau Jawa bagian utara dan yang akan saya bahas dipostingan kali ini juga tentang pantai, salah satu pantai utara (Pantura).

Pantai yang akan saya bahas adalah Pantai Pulau Panjang, Jepara.

Ok, silahkan simak dari awal sampai akhir agar tidak ada informasi yang tertinggal.

Next…

LOKASI
Pulau Panjang terletak di sebelah utara Pulau Jawa, yaitu di Kabupaten Jepara. Alamat lengkapnya di Pulau Panjang, Ujung Batu I, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jika Anda ingin mengeceknya lewat Google Maps, saya sudah sediakan dibawah ini:


Untuk tujuan awal yang harus kita tuju adalah Pantai Kartini karena untuk sampai di Pulau Panjang kita harus singgah di Pantai Kartini dan baru bisa menyebrang menggunakan perahu-perahu yang sudah disediakan disana.



Untuk Kabupaten Jepara sendiri memiliki akses terdekat dengan kota terkenal dan merupakan ibukota Jawa Tengah yaitu Kota Semarang. Jadi jika kalian bingung dimana keberadaan Kabupaten Jepara maka Kota Semarang bisa mejadi solusi. Kita bisa gunakan transportasi yang ada di Kota Semarang untuk menuju Pantai Kartini dengan mudah.

FASILITAS
      A.     Musala
Musala yang disediakan bisa dikatakan layak untuk beribadah dan sudah tersedia perlengkapan ibadah shalat. Untuk kita yang beragama muslim, dimanapun ita berada kita harus tetap menjalankan ibadah shalat.
      B.     Toilet
Toilet yang ada disinipun juga bersih dan tidak hanya ada beberapa, melainkan banyak jumlahnya, tidak perlu khawatir untuk mengantri lama. Toilet yang ada juga bersih. Biaya untuk mand tidak terlalu mahal, tapi saya lupa berapa harga toilet disini.
      C.     Warung Makan
Warung makan masih menjadi hal terpenting bagi pengunjung dalam setiap kunjungan wisatanya. Maka dari itu, Pantai Pulau Panjang juga menyediakan banyak warung makan yang menjual beraneka ragam makanan, baik makanan ringan maupun makanan berat dengan harga terjangkau.

Sedikit cerita saat disana…. (bisa di lewati, cerita saya pribadi)
Saya saat itu masih kurang perhatian tentang hal-hal wisata seperti ini, jadi ungkin di postingan kali ini saya lebih menuju ke cerita pengaalaman saya ketika berkunjung ke Pulau Panjang. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan saya bersama rekan bina taruna/karang taruna di desa saya. Agar lebih enak didengar saya akan mengganti kata “saya” dengan “kami”.

Kami berangkat menggunakan bus berkursi sekitar 56 dari Kota Solo sekitar jam 10 malam, agak sedikit molor karena bus kami menabrak tiang listrik dan ada sedikit drama. Akhirnya setelah menjalani lamanya perjalanan melewati jalan Solo-Purwodadi, pada jam 3 pagi kami sampai di Pantai Kartini. Hari masih gelap dan sangat dingin udara pagi itu. Kami langsung bergegas menyebrang ke Pulau Panjang menggunakan perahu yang entah harganya berapa saya kurang tahu.

Pada akhirnya kami sampai di dermaga Pulau Panjang dalam waktu sekitar 15 menit. Suasana masih sama, yaitu gelap gulita. Kurangnya penerangan tak menghalangi kami untuk hadir di pulau ini. Selanjutnya, berhubung waktu itu belum menginjak waktu subuh, maka kami beristirahat di musala yang disediakan untuk beristirahat dan menunggu datangnya waktu subuh.
Sekitaran musala menurut saya sangat berbau mistis, jika tidak salah malah ada suatu petilasan disitu. Kami juga kekurangan penerangan karena memang disana sangat gelap sekali.
Setelah sholat subuh, kami langsung bergegas menuju pantainya. Suara ombak yang menggelegar membuat nafsu saya untuk berenang semakin menguat.
Namun, kira-kira apakah yang ditunggu orang-orang ketika pagi dan sedang berada di pantai???

Tidak beda dengan halnya orang yang berada di gunung saat pagi, yaitu Sunrise (Matahari Terbit).
Melihat sunrise diatas dermaga dan ditemani dengan indahnya laut merupakan pengalaman yang sangat mengesankan dan tidak akan pernah terlupakan. Dibawah ini foto sunrise di dermaga Pulau Panjang:



Maaf bila gambarnya agak pecah.
Ok, cerita saya mungkin sampai disini dulu, selanjutnya akan dilanjutkan dengan informasi tentang Pulau Panjang dibawah ini:

WISATA PANTAI PULAU PANJANG
Pantai Pulau Panjang merupakan pantai yang berada di sebelah utara Pulau Jawa dan bertemu langsung dengan Laut Jawa, berbeda dengan Laut Selatan, Laut Utara ini ombaknya lebih tenang dan tidak terlalu berbahaya.

Pantai Pulau Panjang merupakan pantai yag bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti camping, berenang (snorkling), bermain bola dan jalan-jalan.

Untuk kita yang senang dengan camping, sangat direkomendasikan untuk mencobanya disini. Berkemah di tepi laut, suara gemuruh ombak yang tenang, ditemani dengan pemandangan yang sangat wonderful.

Kegiatan yang lain seperti snorkling juga sangat memungkinkan dilakukan di pantai ini. Dengan kedalaman setinggi manusia normal, sangat aman untuk berenang disini. Kita juga bisa merasakan lompat indah dari dermaga langsung ke laut, bukan di kolam renang lagi. Hal ini bagi orang desa seperti saya merupakan hal yang sangat berharga. Dibawah ini saya akan memberikan foto unik saya ketika snorkling (snorkling ala “ndeso”),


Pulau Panjang memiliki pasir pantai yang bersih dan luas, kita bisa bermain bola dengan leluasa disini. Seperti di bawah ini contohnya:




Jadi kita bisa menambah keakraban dengan sahabat-sahabat kita disini, mulai dari sepak bola.



Terakhir, bagi kita yang penasaran tentang pulau ini sangat bisa untuk mengelilinginya. Saat itu, saya bersama teman saya mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki, walaupun ada fasilitas sepeda. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki. Namun, ironisnya saya masih menemukan beberapa sampah disepanjang Pantai Pulau Panjang ini. So, untuk kita semua yang buang sampah sembarangan, jangan ulangi lagi karena itu bisa merusak lingkungan.

Mugkin cukup sekian yang bisa saya tulis. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi semua orang. Jangan lupa untuk komen, saya sangat terbuka untuk menerima saran dan kritik dari Anda semua. Jangan lupa juga untuk share ke semua orang agar informasi ini bisa sampai ke semua orang.
Ok, terima kasih.
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.

Salam Jelajah Negara,
Sumedang, 02 September 2019
Penulis,

Anonymous

Comments